4 Racun Hati

Untuk memiliki hati yang sehat, hendaknya kita menghindari racun-racun apa saja yang dapat merusak hati kita. Berikut macam – macamnya :

  1. Banyak Bicara. Hati-hati menjaga perkataan karena setiap ucapan akan dipertanggungjawabkan. Apabila tidak dapat berkata baik, hendaklah diam. “Tiadalah suatu perkataanpun yang diucapkannya, melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”. (Qaf: 18)
  2. Banyak Memandang. “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya” (An Nur: 30). Pandangan adalah anak panah beracun dan merupakan pintu masuk syetan. Ia akan menyibukkan hati, menjadikannya lupa terhadap hal-hal yang bermanfaat baginya.
  3. Banyak Makan dan Minum.  Nafsu perut termasuk perusak yang amat besar. Nafsu ini pula, yang menyebabkan Adam dikeluarkan dari Surga. “Makan dan minumlah, namun janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al-A’raf: 31).
  4. Bergaul Dengan Sembarang Orang. Hati-hati memilih teman, karena jika salah memilih dapat berbahaya dan mengakibatkan keburukan serta kerugian dunia akhirat. “Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan fulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Qur’an, ketika ia telah datang kepadaku”. (Al-Furqan: 27-28). Semoga Allah menyelamatkan hati kita dari segala racun dan kotorannya, sehingga selalu bersih dan sehat.

kamis lebih baik

Sumber : Teladan Rasulullah

Semoga kita menjadi pribadi yang selalu memperbaiki diri dan diberi pertolongan olehNya di hari akhir nanti.

Aamiin Allahuma Aamiin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s